GMHnews, TPQ Darut Taubah merupakan TPQ binaan Yayasan Gerakan Melukis Harapan (GMH) yang didirikan sejak bulan desember tahun 2014. Kemarin (14/09/2015),TPQ Darut Taubah berlokasi di kupang gunung VII B / 41 Surabaya yang berada di gang dolly. Bertepatan dengan 1 Muharram 1437 H yang merupakan awal tahun baru 1437 hijriah mengadakan kegiatan bernama Pawai Muharram. Sebanyak 30 santri dan 15 pendamping dari pengajar TPQ, Remaja Masjid At Taubah dan Takmir Masjid At Taubah juga turut serta meramaikan.

Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan TPQ Darut Taubah kepada masyarakat eks lokalisasi dolly dengan program kreatif berupa pawai muharram yang berhasil menyita perhatian masyarakat eks lokalisasi dolly. Sosialisasi ini diharapkan dapat mendapatkan tambahan santri yang semakin banyak. Kini, perkembangan jumlah santri TPQ Darut Taubah yang terdaftar sebanyak 50 anak dari awalnya berjumlah 15 anak (pada bulan desember 2014)

Pawai dimulai dari Masjid At Taubah yang kemudian berjalan di sepanjang gang golly persis, melewati wisma barbara, wisma madona dan lain-lainnya. Pawai ini membuat orang-orang yang berada di dalam rumah dan berada di dalam kampung tersebut keluar dari sangkarnya ingin mengetahui apa yang terjadi di luar. Pawai muharram ini memang sengaja untuk menarik daya perhatian masyarakat. Peserta pawai menggunakan kentongan, angklung, bendera dengan quote islami dan bersholawat sambil mengumandangkan takbir sebaga pertanda kebesaran kuasa Allah atas hal yang terjadi di bumi ini.

Perjalanan ditempuh kurang lebih 3-4 km dengan waktu tempuh sekitar 45 menit, rutenya cukup panjang memang dengan usia sekitar 6-12 tahun berjalan menempuh 3-4 km. Namun semangat santri-santriwati sangat tinggi dan antusiasmenya untuk melaksanakan pawai muharram, bahkan si basir memukul kentongan dengan keras dan lantang. Perjalanan pawai telah berhasil mendekati masjid at taubah, kegiatan selanjutnya berupa dongeng dari kak habib tentang sejarah nabi.

Pawai muharram ini juga diliput oleh media lokal dan nasional, tersiarnya kabar melalui media lokal dan nasional juga bertujuan untuk menyampaikan pesan ke masyarakat bahwa dolly yang kesannya dekat banget dengan aktivitas prostitusi mempunyai masjid dengan aktivitas islamnya. Pawai muharram sebagai bukti kecil aktivitas islami yang terjadi di dolly.ini salah satu perubahan yang terjadi di dolly pasca penutupan lokalisasi dolly sejak tanggal 18 Juni 2014. (mus)

CategoryBerita, Pendidikan
Write a comment:

*

Your email address will not be published.

Designed by SUKAWEB.com
Top
Ikuti Kami: