Mungkin kita sudah tak asing lagi kalau mendengar bahwa Kampung Samijali yang berlokasi di Jl Putat Jaya gang 4A merupakan salah satu warga binaan kami yang telah membuktikan bahwa warga eks kawasan lokalisasi Dolly bisa melakukan perubahan yang positif. Tetapi tahukah anda? bahwa gang 3A yang berlokasi tepat di sebelah kiri juga merupakan warga binaan kami yang berfokus pada produk olahan rumput laut. Setelah mengikuti pelatihan beberapa bulan lalu, ibu-ibu gang 3A sudah menguasai berbagai macam resep produk olahan rumput laut seperti minuman jelly, dodol, bubur, dll. Untuk saat ini dari tim bisnis sosial masih melakukan riset pasar agar produk olahan rumput laut yang dibuat oleh ibu-ibu gang 3A ini bisa diterima pasar, sembari mereka mengikuti pameran bersama produk warga binaan kami yang lain.

cooking demo bubur

Pada Jum’at pagi (18/11) kemarin, ada yang tampak berbeda di rumah Pak RT. Selain karena cat warna-warni yang telah mempercantik rumah dan area kampung, Ibu-ibu tim rumput laut sudah tampil rapi sembari mempersiapkan meja dan peralatan produksi. Bukan demi mempersiapkan pesanan produk minuman jelly, tapi ibu-ibu tim rumput laut sudah tidak sabar melakukan demo memasak yang diliput oleh dua tv nasional yaitu RTV dan Trans TV. Meskipun mereka sangat antusias dengan kegiatan pagi hari itu, Bu Har selaku ketua sempat grogi dan berpesan kepada kameramen yang bertugas,”mas yang ngambil video satu aja ya, saya grogi mas”. Alhasil kameramen pun menuruti keinginan beliau. Resep produk yang akan ditunjukkan adalah resep membuat bubur rumput laut. Beberapa bahan yang dibutuhkan diantaranya; rumput laut kering yang telah dicuci, gula, garam, pandan, santan dll.

cooking demo bubur 2

Selama proses pengambilan gambar video, kameramen yang tidak bertugas yaitu mas Hadi tidak sungkan-sungkan memberikan pelatihan singkat membuat video langsung dari smartphone kita masing-masing tanpa melakukan proses editing kepada kami para relawan yang mendampingi saat kegiatan berlangsung. Saya sendiri, saat itu cukup kagum dengan hasil karya mas Hadi melalui smartphone saya. Setelah itu kita langsung praktek pengambilan video. Meskipun tidak sebagus yang direkam mas Hadi, tapi hasilnya lumayan. Tidak hanya itu, kita juga melakukan sharing ide terkait pengembangan produk untuk kedepannya. Kurang lebih sekitar satu jam demo memasak berlangsung, pengambilan video diakhiri dengan melakukan testing produk dengan dibantu dua relawan kami sebagai model. Kegiatan liputan ini tidak luput dari bantuan dari Pak Yunus selaku Pak Camat kecamatan Sawahan yang juga ikut membantu perubahan di eks kawasan lokalisasi Dolly. Harapannya dari kegiatan liputan ini, bisa menginspirasi warga sekitar untuk mau ikut maju dan berubah ke arah yang lebih positif, dan juga menjadi lahan marketing dari ibu-ibu gang 3A untuk bisa memasarkan produk-produk olahan rumput laut. (far)

Designed by SUKAWEB.com
Top
Ikuti Kami: