Surabaya, Sabtu 17 desember 2016,  GMH atau sering dikenal dengan Gerakan Melukis Harapan melakukan kegiatan dalam rangka memperingati hari ibu. Kegiatan ini dilakukan di Kebun Bibit 2 Wonorejo, Surabaya dimana dalam kegiatan ini dihadiri oleh relawan dari Gerakan Melukis Harapan dari Batch 1 sampai batch 4. Selain dari relawan kegiatan ini juga dipimpin langsung oleh founder GMH yaitu Mas Dalu yang juga sebagai pembicara utama pada acara inti. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan internalisasi yang dilakukan sebagai salah satu tugas dari batch 4 yang diberikan oleh batch 1,2 dan 3 pada saat Welcome Party yang bertujuan untuk saling kenal antar divisi dan batch yang ada di GMH. Konsep kegiatan Hari Ibu yang dilakukan adalah menjalin kedekatan dan kekeluargaan antara batch, agar bisa lebih mengenal yang nantinya ketika bekerja team akan bisa maksimal.

Kegiatan yang dilakukan berjalan meriah dengan acara yang begitu menarik, dimana acara di bagi menjadi 3 sesi yang setiap sesinya mempunyai kesan yang begitu luar biasa, untuk sesi pertama adalah game kekompakan, dimana dalam pelaksanaan nya adalah mengelompokkan clue dari kartu yang diberikan panitia dan peserta harus menggabungkan clue tersebut menjadi 1 team yang sesuai  dengan ciri-ciri clue tersebut. Setelah bertemu dengan masing-masing kelompok, per kelompok digiring untuk membentuk barisan. Sebelum game utama dimulai panitia acara mengadakan sesi pemanasan, dimana per kelompok dikomandokan untuk mengikuti saran guide, apabila guide mengatakan “maju” semua kelompok harus kompak maju kedepan dan begitu juga sebaliknya. Setelah dikira cukup pemanasannya langsung masuk ke game utama. Game ini setiap kelompok harus mengambil bola yang berbeda warna, dimana tiap warna memiliki poin yang berbeda-beda. Masing-masing kelompok yang terdiri dari 4-5 anak ditutup matanya kecuali yang paling belakang. Disini anak yang tidak ditutup matanya bekerja sebagai komando dari tiap kelompok untuk mengambil bola-bolanya, dengan cara memberi sinyal berupa “tepukan” di pundak teman kelompoknya. Game ini bertujuan agar relawan untuk bekerja sama dengan team yang baru yang diharapkan dengan team baru mereka saling kenal dan komunikasi yang kuat untuk mencapai sebuah kekompakan.

Di Sesi kedua adalah FGD atau bisa disebut Focus Group Discussion merupakan sesi dimana seluruh batch 1,2,3 dan 4 saling diskusi untuk menyalurkan inspirsi, pendapat ataupun gagasan ide yang bertujuan untuk mengetahui permaslahan yang ada, memikirkan rencana kedepan serta menguatkan visi pada team GMH. Pada sesi ini dipimpin oleh moderator dan pembaca inti dari founder GMH yaitu Mas Dalu yang juga menyampaikan tujuan dari adanya GMH dan perjuangan dari relawan GMH yang berjuang untuk membantu masyarakat dolly untuk merubah pola pikir dan gaya hidup dari masa lalu. Dalam sambutannya Mas Dalu menyampaikan bahwa untuk menjadi seorang relawan harus adanya panggilan dari hati karena untuk menjadi seorang relawan kalian harus mampu berkorban dengan apa yang ada pada kalian serta dalam sambutannya beliau juga menenekankan untuk saling team agar bekerja sama menyamakan visi agar GMH ini bisa sepenuhnya berjalan sesuai visi.  Selain dari sambutan mas dalu juga terdapat sesi tanya jawab, sharing problematika dan tentunya penyeleseiannya dari permasalahan yang ada.

Setelah selesai sesi ke dua dilanjutkan dengan sesi ketiga yaitu GMH Shocking Talent. Tak lupa bahwa kegiatan hari ini memperingati hari ibu maka untuk sesi terkahir ini relawan dari GMH diminta untuk mempersembahkan sebuah pertunjukan seni yang intinnya menunjukakn peran dari seorang Ibu yang hal itu bisa di praktikan lewat menyanyi, puisi, drama, Drama musikal ataupun pertunjukan lainnya. Pada kegiatan ini relawan hanya diberikan waktu 10 menit untuk memikirkan ide dan bekerja sama antar team yang baru untuk menampilakn sebuah aksi seni yang mereka akan lakukan. Kegiatan ini berjalan dengan penampilan oleh masing-masing aksi dari team dimana sebagai akhir dari team kelompok dari Mas Dalu menampilkan sebuah drama spesial yang menggambarkab sebuah perjuangan, kasih sayang dan pergorbanan dari seorang Ibu sehingga dari relawan lainnya begitu tersentuh akan penampilan tersebut. Setelah berakhirnya acara pada sesi ketiga tersebut maka berakhirlah acara untuk kegiatan Hari Ibu dimana dari teman-teman relawan GMH banyak mendapatkan sebuah pencerahan dan sebuah dorongan untuk saling bekerja sama dan berkontribusi untuk membangun masyarakat dolly lebih cemerlang sesuai dengan yel-yel kita “Inspirasi Kita Untuk Peradbpan Mulia“.

(Glh & Maj)

Comments

comments

Designed by SUKAWEB.com
Top
Ikuti Kami: