Kali ini divisi Pendidikan Melukis Harapan mengadakan sharing session pada hari Minggu, 13 November 2016. Sharing session ini diisi oleh Asril Novian Ali yang merupakan seorang alumni Pengajar Muda angkatan I. Beliau adalah lulusan Sastra Indonesia Universitas Airlangga yang kemudian berkesempatan menjadi pengajar dalam program Indonesia Mengajar di Lampung. Pada sharing session kali ini, mas Asril membagi ilmunya mengenai manajemen kelas.
Beliau mengatakan bahwa pendidikan kreatif perlu dilakukan agar proses belajar-mengajar tidak berjalan membosankan, terutama apabila yang dihadapi adalah anak-anak. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah melalui ice breaking, misalnya dengan memberikan permainan singkat, brain gym, lagu-lagu, dan gambar-gambar lucu. Hal ini perlu dilakukan agar pikiran anak-anak lebih fresh dan siap menerima materi yang akan diberikan. Selain itu, beliau juga berbagi tips mengenai pemberian hadiah untuk anak-anak sebagai cara yang paling efektif untuk membentuk dan
mengubah perilaku. Hal tersebut cenderung menghasilkan perubahan perilaku yang berkelanjutan dibandingkan memberikan hukuman. Masih banyak lagi strategi dan trik yang dibagi oleh mas Asril dalam sharing session ini, diantaranya mengenai pembelajaran karakter melalui penokohan dan scene setting melalui skenario pengajar. Sungguh bermanfaat sekali ajaran yang diberikan mas Asril, para peserta sangat antusias mendengarkan. Diharapkan kedepannya ilmu yang diberikan dapat berguna bagi kita semua.
Designed by SUKAWEB.com
Top
Ikuti Kami: