Masyarakat merupakan salah satu unsur utama dalam pembangunan suatu Negara. Daerah yang berkembang akan menentukan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat di Negara tersebut. Salah satu yang berpengaruh adalah kesehatan dan lingkungan. Di Kota Surabaya khususnya di kawasan bekas lokalisasi Dolly, kesehatan ibu dan anak, kesehatan remaja, kesehatan lanjut usia dan kesehatan lingkungan adalah unsur pembangun yang paling berpengaruh didalamnya. Kawasan tersebut tumbuh dan berkembang dari warga masyarakat dan pendatang, hingga muncul kebiasaan-kebiasaan yang tidak sesuai dengan budaya setempat. Hal itulah yang salah satunya telah mencetus pemerintah setempat untuk menutup lokalisasi tersebut pada 18 Juni 2014.

Penutupan lokalisasi Dolly tidak hanya menjadi tugas terakhir dari pemerintah, rehabilitasi jangka panjang harus disiapkan untuk meminimalisir dampak yang timbul setelah penutupan. Selain itu, kontribusi dan dukungan dari masyarakat setempat juga dibutuhkan untuk rehabilitasi jangka panjang tersebut.

Bidang Kesehatan dan Lingkungan – Gerakan Melukis Harapan merencanakan beberapa program sebagai upaya rehabilitasi di daerah tersebut. Adapun program tersebut yakni: Kampung Lestari, Bank Sampah, dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Program tersebut akan difokuskan pada upaya pencegahan dan peningkatan kualitas kesehatan masyarakat di sekitar bekas lokalisasi Dolly terutama dari pengetahuan dan kesadaran masyarakatnya. Dengan demikian diharapkan derajat kesehatan masyarakat dan lingkungan daerah tersebut akan meningkat untuk mewujudkan Kampung Hijau.

Program Kesehatan

program-kesehatan-lingkungan-2
Program Kesehatan

Tujuan dan Sasaran Kegiatan

TUJUAN

Menuntaskan permasalahan kesehatan dan lingkungan pada masyarakat Surabaya di wilayah terdampak bekas lokalisasi Dolly dan Jarak yang meliputi peningkatan sikap dan perilaku masyarakat untuk sadar akan budaya kesehatan yang baik dan tepat serta sosialisasi tentang knowledge, attitude, practices (KAP) akan potensi kesehatan untuk masyarakat terutama di RT 2 RW 12.

SASARAN KEGIATAN

  • Saat ini : RT 2 RW 12
  • Ke depan :  6 RT di RW 12

Program

  1. Kampung Lestari : Kampung Lestari merupakan program pembangunan bidang lingkungan hidup yang dapat menciptakan lingkungan hijau yang sehat. Dalam mewujudkannya, masyarakat yang berperan harus sadar dan membiasakan budaya hidup bersih dan sehat. Dengan diciptakannya Kampung Lestari ini bertujuan agar masyarakat cinta dan nyaman tinggal di lingkungannya sendiri.
  2. Bank Sampah : Pengelolaan sampah rumah tangga dengan pemilahan dan pemanfaatan sampah dengan prinsip reduce, reuse, recycle. Aktivitas yang dilakukan adalah pemilahan sampah sesuai jenis kelompoknya, pengelolaan sampah, dan distribusi serta pelaksanaan sistem Bank Sampah.
  3. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) : Rangkaian kegiatan pemberian materi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada warga binaan yang masuk wilayah terdampak bekas lokalisasi Dolly. Pembinaan ini meliputi pelatihan praktik hidup sehat dengan mencuci tangan pakai sabun, menyikat gigi dengan benar, memilih makanan sehat dan pengolahan sampah, olahraga, menghindari rokok, serta pendidikan seks yang sesuai dengan target sasaran.

Kriteria Khusus Terkait Bidang Keilmuan

Sub Program Kesehatan

Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi, Pendidikan Keperawatan, Bidan, dan ilmu kesehatan lain yang sedang atau sudah menempuh D3, S1, S2 maupun profesi.

Sub Program Lingkungan

Teknik Lingkungan, Arsitektur, Biologi, Ekonomi dan Bisnis, Desain Produk, Desain Komunikasi Visual, dan kelimuan yang mendukung dalam penghijauan dan tata lingkungan serta mampu mengolah data keuangan dasar.

Write a comment:

*

Your email address will not be published.